Perayaan BKSN 2017 SMP Xaverius 2



Pada bulan September telah dikhususkan oleh Gereja Katolik Indonesa sebagai Bulan Kitab Suci Nasional. Bulan Kitab Suci Nasional atau biasa disebut BKSN adalah Bulan dimana umat katolik diharapkan dapat lebih akrab dengan Kitab Suci. Bulan Kitab Suci Nasional tahun ini atau tahun 2017 adalah “Kabar Gembira Di Tengah Gaya Hidup Modern.” Tema ini dijabarkan dalam empat sub tema. Pertama, arus zaman teknologi dan nilai-nilai injili dalam kisah menara Babel (Kej. 11:1-9). Kedua, arus zaman materialisme dan nilai-nilai injili dalam perumpamaan orang kaya yang bodoh (Luk. 12:13-21). Ketiga, arus zaman individualisme dan nilai-nilai injili dalam kisah cara hidup jemaat perdana (Kis. 2:41-47). Keempat, arus zaman hedonisme dan nilai-nilai injili dalam nasihat Yakobus tentang hikmat dan hawa nafsu (Yak. 3:14-4:3). Melalui keempat sub tema ini diharapkan umat kristiani tidak terseret dan terhanyut oleh arus zaman modern dengan terus berpegang pada nilai-nilai injil.

SMP Xaverius 2 megadakan berbagai lomba untuk meningkatkan niat membaca kitab suci. Permulaan perlombaan dimulai dengan Apel di lapangan . Dibawah Komando Pak Mul dan Pak Bedut serta Bu Martha. Semua perserta apel mengikuti dengan baik. Terutama saat pemberitahuan dimana lokasi lomba dan pemberitahuan teknis.




Lomba pun dimulai setelah apel selesai dilaksanakan. Ada 4 lomba yang diadakan  yaitu LCT, menyusun perikop, menghias ayat dan menebak gambar dan tokoh.  LCT dilaksanakan di depan kelas 9E. LCT berlangsung sangat seru. Dengan pembaca soal Pak Hendri dan Bu Yohana. Serta Pengawas Pak Mul dan Pak Rus. Tidak ketinggalan pencatat skor Pak Anto. LCT dilakukan 2 babak, babak 1 soal bersama dan babak 2 adalah soal rebutan. Di babak penyisihan kelas 7A, 8A dan 9B maju ke babak final.  Dan pada akhirnya 9B keluar sebagai juara 1, 8A juara 2 dan 7A juara 3.



Antusias para supporter sangatlah tingggi 

Lomba menyusun perikop dilakukan di lapangan basket bawah. Menyusun perikop sangatlah seru. Dimana peserta harus berlari untuk menyusun perikop. Penyusunan perikop diikuti oleh 7 peserta dan bergantian secara terus menerus hingga waktu habis. Disini dibutuhkan kecerdasan dimana harus pandai menyusun ayat ayat sehingga perikop dapat tersusun dengan baik. Lomba Final Dilakukan oleh 3 kelas yaitu 9E, 8C dan 7C.





Tebak gambar dan tokoh dilakukan di kelas kelas dan pada saat final dilakukan di lapangan . Depan meja piket SMP Xaverius 2. Yang masuk ke babak final adalah 9C, 8B, 7A . Mereka sudah mempunyai taktik agar dapat menjawab dan menebak dengan benar. Teknisnya, Penggambar diberi judul perikop dan nanti penggambar akan menggambarnya di papan tulis. Dan Peserta pada 1 tim dapat menjawabnya. Pada akhirnya, 9C keluar sebagai juara 1, 8B juara 3 dan 7A juara 2.



Menghias ayat dilakukan di 9E. Didampingi oleh Pak Wid dan Bu Patrice serta Bu Ratih. Mereka diberikan beberapa ayat dan diwajibkan menghiasnya sesuai dengan ayat yang dipilih.

Pada akhirnya pembagian hadiah dilakukan bersama sama. Hadiah diberikan oleh Bu Harsih dan Bu Martha. Selamat kepada para pemenang semoga lomba BKSN tahun ini dapat menjadi kesan tersendiri yang tidak dapat dilupakan.




Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan (Luk 12:15)


Edited By: Sekbid Jurnalistik ( N.Marcell)