Masa Pengenalan Lingkungan SMP Xaverius 2 Bandar Lampung

SMP XAVERIUS 2 BANDAR LAMPUNG
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
TAHUN PELAJARAN 2019-2020


SMP Xaverius 2 melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang lebih dikenal dengan sebutan MPLS untuk seluruh peserta didik baru. Pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2019, SMP Xaverius 2 melaksanakan Upacara untuk membuka masa MPLS selama tiga hari ini.

Upacara Bendera dimulai, kemudian peserta didik tahun ajaran baru 2019-2020 segera turun ke lapangan untuk mengikuti upacara dengan hikmat. Pembina upacara dalam pembukaan MPLS  adalah Ibu Martha Andriastuti S.Pd selaku kepala sekolah serta laporan kegiatan MPLS yang disampaikan oleh Ibu Susana Tut Wuri Handayani S.S.

Pada hari pertama, diajarkan tata tertib sekolah, visi dan misi sekolah, Mars dan Hymne Xaverius. Tidak lupa untuk mengajarkan kebiasaan siswa/i Xaverius yaitu Berbaris, Doa, Hormat bendera dan menyapa Guru lalu menyanyikan lagu wajib dan Mars Xaverius

Berikut adalah beberapa foto MPLS hari ke-1 dan untuk foto yang lebih lengkap cek ig kami di @osis.xavepa_






Selanjutnya kegiatan di-isi oleh Osis. Pada Jam Pelajaran ke-3, Seluruh peserta didik baru diajarkan bagaimana cara PBB atau lebih dikenal dengan Pelajaran kepramukaan yang dipandu oleh beberapa Guru dengan bantuan oleh Osis untuk melancarkan PBB tersebut. Pengamatan oleh Guru dilakukan untuk mendapatkan petugas upacara pada penutupan masa MPLS.

Setelah Istirahat, pelajaran dilanjutkan di kelas dengan guru yang bertugas pada hari itu untuk memberitahu murid-murid informasi. Pada hari ini juga, diinformasikan oleh Wali Kelas untuk meminta tanda tangan semua pengurus Osis sebagai bukti bahwa mereka telah mengenal kami para pengurus Osis. Saat pada jam terakhir yaitu pelajaran dimana Osis masuk untuk memberi evaluasi pada hari ke-2 semua petugas yang telah dipilih keluar dari kelas untuk menyiapkan upacara penutupan MPLS

Berikut beberapa highlight hari ke 2







Pada hari ketiga merupakan hari terakhir dari masa MPLS. Hari terakhir harus dibuat kerja yang maksimal agar hasilnya dapat memuaskan bagi semua orang. Jadi, pada jam pelajaran pertama yaitu Osis murid-murid yang dipilih kemarin kembali turun ke lapangan untuk latihan untuk Upacara Penutupan MPLS. Hari ini sama dengan hari kemarin yaitu beberapa guru masuk ke kelas lalu murid-murid mendapat kesempatan untuk keliling sekolah.

Setelah Keliling sekolah, Peserta Didik baru mendapat waktu istirahat sebelum melanjutkan dengan Upacara.

Demikianlah liputan yang dapat kami sajikan sebagai bahan pendokumentasian dari kegiatan yang dilaksanakan di SMP Xaverius 2 Bandar Lampung.

Terima Kasih.